Halloween party ideas 2015




METRO, HD - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Metro, Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara, saat ini sedang membangun masjid di komplek sekolah itu dan butuh uluran tangan para dermawan, Pembangunan itu dilakukan, sebagai upaya peningkatan kegiatan iman dan taqwa di sekolah yang umumnya guru dan siswa mayoritas muslim.
Kepala SMPN 8 Metro, Slamet mengatakan, pembangunan masjid di komplek SMPN 8 Metro, sudah sejak lama diupayakan, mengingat saat ini saja siswa dan guru, total mencapai 592 orang, sedangkan 90% di antaranya beragama Islam. “Musolah yang selama ini menampung kegiatan keagamaan sudah tak memenuhi kebutuhan, jadi kita upayakan bangunan Masjid,” kata Slamet kepada Harian Detk, Saptu (22/10) di ruang kerjanya kemarin.
Diharapkan, pembangunan masjid akan mampu meningkatkan semangat beragama di kalangan guru dan siswa, misalnya melalui sholat zhuhur berjamaah, holat Jum'at berjamaah serta sebagai sarana dakwah bagi pembinaan mental siswa, dalam mendukung program Pemkot Kota Metro, sebagai kota religius. “Kita juga berharap masjid nantinya bisa digunakan masyarakat sekitar.
Lanjut Slamet, pembangunan masjid SMPN 8 Metro ini, akan menelan dana sekitar Rp 450 juta. Bangunan masjid nanti berukuran 10 x 10 meter dengan penambahan teras kiri, kanan dan depan selebar masing-masing 3 meter.
“Artinya total keseluruhan bangunan masjid mencapai 16 x 16 meter dengan tinggi bangunan 4 meter. Selain itu akan dibangun juga kamar marbot masjid dan gudang,” ujarnya.
Menurutnya, pembangunan masjid itu merupakan swadaya guru dan siswa SMPN 8 Metro melalui infak yang bergulir di antara siswa, sebelum jam pelajaran. Infak itu tidak hanya melibatkan siswa, tapi juga seluruh guru yang ada. Namun, diakui mengandalkan infak guru dan siswa saja tidak cukup, sehingga panitia juga mengedarkan permohonan kepada uluran tangan para darmaan, BUMN dan BUMD di sekitar sekolah, perusahaan swasta, juga dari masyarakat muslim umumnya.
Masih di katakan Slamet, dengan adanya membangun masjid, yakni untuk membentuk akhlak dan karakter siswa-siswinya. Upaya yang dilakukan para dewan guru, mewujudkan lingkungan SMP Negeri 8 Metro berbudaya akhlak dan berdisiplin harus melalui langkah-langkah, yakni memberi ganjaran dan menumbuh suburkan nilai-nilai baik, secara terbuka dan kontinu menegakkan nilai-nilai yang baik dan menjauhkan nilai-nilai yang buruk.
Kemudian, kata Slamet, membrikan kesempatan kepada siswa untuk memilih berbagai alternatif sikap dan tindakan, melakukan pilihan secara bebas setelah menimbang berbagai konsekuensi dari setiap pilihan dan tindakan, senantiasa membiasakan bersikap dan bertindak atas niat baik, dan tujuan-tujuan ideal. Masih dikataka Slamet, membiasakan bertindak dengan pola baik, yang diulangi secara terus menerus dan konsisten, akhirnya SMP Negeri 8 Metro dapat melahirkan siswa yang berwawasan sikap ideal baik dalam perilaku dan keberagamaan yang Islami,” harapnya.
Dengan mewujudkan SMP Negeri 8 Metro mencapai tujuan akhir dari visi dan misi sekolah, dalam hal ini menghimpun unsur-unsur baik secara perseorangan maupun kelompok melakukan hubungan kerjasama untuk mencapai pembinaan akhlak dan disiplin siswa di lingkungan sekolah. “Ia mengatakan, wajib merumuskan serta mengeluarkan kebijakan yang berkaitan peningkatan pembinaan akhlak dan disiplin siswa dengan melihat potensi kelebihan dan peluang para guru-guru SMP Negeri 8 Metro.
Dirinya berharap, kepada orang tua harus mendukung program sekolah dalam pembinaan akhlak dan disiplin siswa tersebut. Seperti, sekolah dituntut untuk bekerjasama dengan orang tua. Program sekolah, berkenaan dengan pembinaan akhlak dan disiplin siswa mesti didukung secara optimal,” kata Slamet. (Pur)

Nampak pada gambar, bangunan masjid di halaman SMPN 8 Metro mandek dalam pelaksanaannya dan butuh uluran tangan para darmawan. (Purwadi)



Pages

Powered by Blogger.