Halloween party ideas 2015



TANGGAMUS, HD- Bantuan sebanyak 300 ribu bibit jenis tanaman pala akan dibagikan kepada sebanyak 150 kelompok tani (Poktan) pada november mendatang, sebelumnya telah diberi arahan tentang pembibitan dan cara perawatan kepada seluruh poktan Tanggamus. Hal ini diungkapkan oleh kepala bidang (Kabid) perkebunan Sastrawinata mendampingi kepala Dinas kehutanan dan perkebunan (Dishutbun) Karjiono.
Dijelaskannya, setiap poktan nantinya akan mendapatkan sebanyak 2000 jenis bibit pala, bibit tersebut akan diberikan untuk dikembangkan oleh poktan yang mendapatkan pelatihan, oleh karena itu pengembangan akan dilakukan oleh poktan tersebut.
"Insya Allah pertengahan bulan November mendatang, bibit pala sudah disalurkan kepada poktan, dan saat ini kita masih dalam tahap sosialisasi cara perawatan dan penanaman ditiga kecamatan lagi, yakni, Pulau Panggung, Airnaningan dan Ulu Belu," kata Sastrawinta, rabu (26/10).
Sastra menambahkan, berdasarkan sosialisasi tentang cara penanaman yang telah dilaksanakan di berbagai poktan yang ada di kecamatan, ia meyakini poktan saat ini sudah paham merawat bibit pala, cara penanaman sampai dapat menghasilkan agar kedepannya dapat membantu perekonomian masyarakat.
"Program ini untuk merangsang, minat dari masyarakat untuk menanam pala, hingga kedepannya Tanggamus bisa menjadi sentra tanaman pala, dan kita berharap, jika nantinya poktan yang sudah dibantu ini kedepannya berhasil, ia dapat menerapkan pengalamannya kepada poktan yang lain," jelasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, kedepan program bibit pala kembali akan digulirkan, yang mana pada tahun 2017 mendatang sekitar 34 ribu bibit pala akan diberikan kepada 17 poktan, khususnya poktan yang belum menerima bibit pada tahun sebelumnya.
"Tahun ini memang kita baru mengcover 150 kelompok, dan tahun depan sekitar 34 ribu bibit akan kita bagikan bagi 17 poktan tetap dengan pola yang sama yakni berdasarkan usulan dan diutamakan bagi poktan yang belum terima," pungkasnya. (Amd)

Pages

Powered by Blogger.