Halloween party ideas 2015




TUBABA, HD - Tiyuh pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang merupakan desa tertua yang sudah ada sejak 1.400 tahun silam, akhirnya mendapatkan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam program Penyalaan Bersama Listrik Desa 2016 yang bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional Ke-71.
Camat Pagar Dewa Umar Usman, S.Pd I MM menjelaskan bahwa seluruh masyarakat Tiyuh Pagar Dewa sudah sangat lama menantikan aliran listrik dari PLN karen selama ini masih menggunakan mesin diesel. "Terimakasih kepada pihak pemerintah dan PLN atas penyalaan listrik di Tiyuh Pagar Dewa ini karena memang Tiyuh Pagar Dewa adalah kecamatan terakhir di Tubaba yang belum mendapatkan listrik ujar Usman dalam acara peringatan Hari Listrik Nasional ke-71 di Balai Tiyuh Pagar Dewa.
Sementara itu, Manager Bidang Perencanaan PLN Provinsi Lampung Agustian menjelaskan bahwa masuknya aliran listrik ke Tiyuh Pagar Dewa tersebut merupakan hasil kerjasama yang baik antara pihak Pemerintah setempat dengan pihak PLN. "Alhamdulillah listrik di Pagar Dewa akan kita nyalakan bersama sama sehingga masyarakat tiyuh pagar dewa kecamatan Pagar Dewa dapat menikmati listrik dari PLN. Karena listrik merupakan kebutuhan primer, dan dengan listrik kita dapat melakukan sesuatu yang lebih baik untuk kemajuan dan pembangunan daerah" ujarnya.
Agustian juga memaparkan bahwa peringatan serta penyalaan bersama listrik Desa tidak hanya diadakan di Tiyuh Pagar Dewa, namun juga hampir di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. "Acara serupa juga kita adakan secara serentak di Provinsi Lampung dan telah mendapatkan sebanyak 1.246 pelanggan. Untuk Tiyuh Pagar Dewa, kita sudah ada sebanyak 142 pelanggan dan nanti akan dinyalakan secara simbolik" kata Manager Bidang Perencanaan PLN Provinsi Lampung itu.
Meskipun demikian, masih terdapat beberapa desa di Provinsi Lampung yang belum mendapatkan aliran listrik PLN. Untuk saat ini, masih ada sekitar 200 desa di Provinsi Lampung yang belum terlayani listrik. "Sudah ada 96 persen desa yang dialiri listrik sedangkan 200 desa atau 4 persennya masih belum mendapatkan layanan listrik" pungkasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Agustian juga menghimbau masyarakat setempat untuk menjaga fasilitas PLN dan tidak mencuri aliran listrik PLN yang mengalir di Tiyuh Pagar Dewa tersebut. "Kepada para pelanggan PLN dihimbau untuk bersama-sama menjaga fasilitas PLN di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Karena jika ada gangguan pada salah satu fasilitas PLN dapat menyebabkan matinya listrik di satu Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jika nantinya pelanggan mendapatkan gangguan, silahkan dikomunikasikan ke pihak PLN" imbuhnya.
Setelah acara peringatan Hari Listrik Nasional di Balai Tiyuh Pagar Dewa, para pimpinan dan jajaran PLN beserta jajaran pemerintah daerah setempat melakukan wawancara kepada beberapa warga dan melakukan penyalaan listrik secara simbolis di salah satu rumah warga di Tiyuh Pagar Dewa. Tutup (joly A & perdi)

Pages

Powered by Blogger.