Halloween party ideas 2015




METRO, HD - Kepala SMK Kartikatama Metro, Drs. Maksum mengatakan, pramuka adalah salah satu organisasi yang membentuk karakter dan juga mendidik keteladanan siswa melalui ajang kreativitas yang positif. Maka dari itu, wadah yang telah ada ini harus selalu lebih aktif dalam membina para siswa untuk menumbuhkan jiwa keteladanan, kreatifitas dan inspirasi yang lebih baik di masa akan datang.
Hal ini sesuai dengan UU No.12 Tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka disebutkan bahwa, pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. “Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan agar para siswa senantiasa melakukan hal-hal positif dalam pergaulan karena pembentukan karakter harus dimulai sejak usia dini,” kata Maksum kepada Harian Detik, di selah kegiatannya.
Maksum menambahkan, kegiatan pendidikan kepramukaan dimaksudkan, yakni untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif. Kegiatan pendidikan kepramukaan dilaksanakan, dengan menggunakan sistem among. Sistem among merupakan, proses pendidikan kepramukaan yang membentuk peserta didik agar berjiwa merdeka, disiplin, dan mandiri dalam hubungan timbal balik antar manusia.
Sistem among dilaksanakan dengan menerapkan prinsip kepemimpinan, yaitu di depan menjadi teladan, di tengah membangun kemauan dan di belakang mendorong serta memberikan motivasi kemandirian.  Gerakan pramuka, kata dia, selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global,” ujarnya.
Masih di katakan Maksum, pada hakekatnya anggota Gerakan Pramuka wajib menerima Prisip Dasar Kepramukaan, yakni menaati perintah Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhi laranganNya serta beribadah sesuai tata cara dari agama yang dipeluknya, memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sosial, memperkokoh persatuan, serta menerima kebinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Metode kepramukaan merupakan, salah cara belajar interaktif progresif melalui, yakni pengamalan Kode Kehormatan Pramuka, belajar sambil melakukan, sistem beregu. Kemudian, kegiatan menantang dan menarik khususnya siswa-siswi di SMK Kartikatama Metro mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda, kegiatan di alam terbuka, kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan, sistem tanda kecakapan, sistem satuan terpisah untuk putra dan untuk putri kiasan dasar.
Kemuadian, lanjut Maksum, kegiatan kepramukaan dapat berhasil menciptakan siswa-siswi yang berkarakter jika pada proses pendidikannya tidak hanya mengembangan teknik kepramukaan semata, tetapi juga dikembangkan kemampuan, keterampilan dan sikap berorganisasi. Dalam organisasi, menurutnya, akan diterapkan prinsip-prinsip manajemen atau pengelolaan organisasi seperti, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan/penggerakan dan fungsi pengawasan,” kata Maksum. (Pur)

Siswa-siswi SMK Kartikatama Metro foto bersama di selah kegiatan Pramuka. (Purwadi)


Pages

Powered by Blogger.