Halloween party ideas 2015



TANGGAMUS, HD - Satu lagi potensi kekayaan alam Kabupaten Tanggamus yang dapat dijadikan objek wisata air, yaitu potensi wisata arung jeram (Rafting) sungai Way Semaka, Way Semuong dan Batu Tegi.
Menurut Pian, salah seorang anggota Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Provinsi Lampung, untuk katagori kualitas tantangan alam, arung jeram di beberapa sungai tersebut masuk dalam grade Empat (4).
“Faji Lampung bersama Faji pusat sudah beberapa kali berpetualang mengarung rafting atau arung jeram sungai Way Semaka dan Way Semuong. Untuk Way Semka tantangan alamnya yang berupa jeram-jeram batuan cukup bagus, begitu juga dengan kederasan air sungai masuk grade 4, ditambah bonus keindahan alami hutan dan perkebunan di sisi kiri-kanan sungai,” katanya, rabu (19/10).
Pian menerangkan, potensi alam ini merupakan anugerah dari yang maha kuasa, sebab tidak semua daerah yang mempunyai sungai berstandar rafting. Tentunya potensi ini dapat dikembangkan menjadi salah satu daya tarik wisata air di Kabupaten yang berjulukan Bumi Begawi Jejama ini. Bahkan para pecinta wisata rafting ini tidak hanya tersebar didalam beberapa komunitas di dalam negeri, akan tetapi dari manca negara juga sering berpetualang mencari lokasi-lokasi rafting yang baru.
“Selain potensi wisata tersebut yang dapat dikembangkan, juga potensi munculnya bibit-bibit atlit arung jeram dari Kabupaten ini, karena olahraga arung jeram telah menjadi salah satu olahraga wajib dipertandingkan dalam PON kedepan, kalau dalam PON jabar kemarin masih sebatas pertandingan eksebisi,” terangnya.
Sementara itu Kasi Olahraga Rizal mendampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disparporekraf) Kabupaten Tanggamus Supardi Syarkawi, membenarkan bahwa Kabupaten ini menyimpan potensi olahraga wisata arung jeram.
Namun untuk menggali potensi ini, lanjutnya, belum dapat dilaksanakan dengan maksimal, khususnya dibidang keolahragaannya. Karena olahraga arung jeram belum terbentuk kepengurusan FAJI di Tanggamus, sehingga belum ada pembinaan olahraga ini.
“Ya memang kita juga mengetahui potensi olahraga wisata arung jeram di Kabupaten ini, khususnya potensi arung jeram batu tegi, pernah di jadikan ajang event lomba arung jeram setingkat nasional, yang digelar oleh FAJI Lampung. Bahkan 3 atlit arung jeram asal SUPM Kotaagung, mewakili dan mengharumkan nama Lampung dalam ajang PON Jabar kemarin,” katanya. (zim)

Pages

Powered by Blogger.