Halloween party ideas 2015


 
METRO, HD -  Kepala SMAN 2 Metro, Indri Yanto mengatakan, melalui organisasi di sekolah dapat belajar dan mempelajari berbagai karakter yang ada dalam diri kita maupun orang lain. Dengan berorganisasi pula ketrampilan semakin ditempa dan semakin teruji.
          Menurunnya, prestasi akademik seorang organisator, tentunya bukan karena organisasinya namun lebih cenderung ke factor pribadi seperti rasa malas atau manajement organisasi atau personalnya yang perlu diperbaiki. Sejauh mana peran serta lembaga pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didiknya melalui organisasi. Mengembangkan karakter peserta didik dalam sebuah organisasi pendidikan, tentunya diperlukan keterlibatan lembaga pendidikan itu sendiri,” kata Indri Yanto kepada Harian Detik, Saptu (19/11) di ruang kerjanya kemarin.
          Indri Yanto menambahkan, semakin berkembangnya sebuah organisasi di sebuah lembaga pendidikan khususnya di SMAN 2 Metro, maka semakin baik pula peran lembaga pendidikannya. Peserta didik dalam organisasi, tentunya akan lebih berani berbicara di depan umum tanpa ada kegugupan karena mereka sudah terbiasa berbicara di tengah-tengah keramaian (teman-teman organisasi mereka,red). Keberanian, kepercayaan diri, mudah bergaul, mudah beradaptasi dan keterbukaan membuat para organisator semakin mampu menjadi diri mereka sendiri yang berkarakter,” ujarnya.
          Masih di katakan Indri Yanto, perkembangan SMAN 2 Metro tersebut, tentunya sesuai dengan tujuan dari dunia pendidikan yang telah diatur dalam undang-undang pendidikan. Tinggal bagaimana lembaga pendidikan mengambil langkah bijaksana, kata dia, mengembangkan dalam mengolah organisasi sekolah atau perguruan tinggi supaya seimbang dengan bidang akademiknya. Sehingga tunas-tunas bangsa ke depan semakin handal dan berkepribadian yang tangguh.
          Lanjut Indri Yanto mengatakan, organisasi adalah wadah yang tepat untuk mengembangkan setiap anak didiknya menjadi berkepribadian dirinya sendiri. Seperti, dalam kegiatan Pramuka  di SMAN 2 Metro adalah, salah satu organisasi yang membentuk karakter siswa melalui ajang kreativitas yang positif. Maka dari itu, wadah yang telah ada ini harus selalu lebih aktif dalam membina para siswa untuk menumbuhkan jiwa keteladanan, kreatifitas dan inspirasi yang lebih baik di masa akan datang.
          Hal ini sesuai dengan UU No.12 Tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka disebutkan bahwa, pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. “Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan agar para siswa senantiasa melakukan hal-hal positif dalam pergaulan karena pembentukan karakter," ujarnya.
          Indri Yanto menambahkan, pengembangan potensi diri sebagai hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui gerakan pramuka. Gerakan pramuka, kata dia, selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
          Kegiatan pendidikan kepramukaan dimaksudkan, yakni untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif," kata Indri. (Pur)

Nampak pada gambar, Kepsek SMAN 2 Metro, Indri Yanto memasangkan tanda peserta Pramuka kepada siswa-siswinya. (Purwadi)

Pages

Powered by Blogger.