Halloween party ideas 2015




METRO, HD - Kepala SMA Negeri 5 Metro, Drs. Hanwar Priyo Handoko mengatakan, pendidikan harus mampu merubah akhlak dari jelek menjadi baik, dan selanjutnya mendorong yang baik jadi lebih baik. Seperti, revolusi mental adalah perbaikan akhlak, perbaikan budi pekerti, perbaikan sopan santun siswa di sekolah.
          Selain utamakan pendidikan akhlak, SMAN 1 Metro juga membangun karakter siswa. Pendidikan karakter, memerlukan pelibatan proses pengembangan kognitif sekaligus sosial siswa. Lebih-lebih, pengetahuan umumnya dikonstruksi bersama dengan cara berinteraksi dengan para siswa lain dan atau guru. Pendidikan karakter seperti ini, akan membantu melahirkan siswa yang menghargai pendapat orang lain meskipun amat berbeda dengan pendapatnya, mampu bekerja dalam tim, dan mengutamakan kemampuan pengambilan keputusan secara bersama -sama,” kata Hanwar Priyo Handoko kepada Harian Detik, Saptu (19/11) kemarin.
          Pria santun yang sering di sapa Priyo menambahkan, pendidikan karakter seperti ini, akan membantu melahirkan siswa yang menghargai pendapat orang lain meskipun amat berbeda dengan pendapatnya, mampu bekerja dalam tim, dan mengutamakan kemampuan pengambilan keputusan secara bersama -sama. Menurutnya, belajar sifatnya interaktif, bahasa merupakan alat yang sangat besar perannya. Penggunaan bahasa-bahasa yang sifatnya mengajak, bahasa menghargai pendapat orang lain, bahasa yang mengandung harapan kemajuan khususnya di SMAN 5 Metro,” ujarnya.
          Selain pelajaran agama, kata Priyo, ada juga materi lain yang diajukan Dindik untuk ditambah waktunya, yakni Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), bahasa, dan materi lainnya yang berhubungan dengan pendidikan moral. Hal tersebut, menurut dia akan sangat bermanfaat untuk membentuk karakter anak. Pasalnya, budaya yang ada saat ini dapat membawa pengaruh buruk untuk pembentukan karakter anak didik.
          Selain itu, pelajaran ekstra kurikuler sebagai wahana startegis pembentukan karakter siswa di lingkungan SMAN 5 Metro adalah, memilikii integritas tinggi serta memiliki kompetensi, kepribadian, sosial, dan profesional. Seperti yang di terapkan di SMAN 5 Metro, yakni pembiasaan, penanaman kedisiplinan, menciptakan suasana yang konduksif, integrasi dan internalisasi. Dengan memiliki visi dan misi yang jelas, direalisasikan dengan berbagai kegiatan untuk membina akhlak dan disiplin.
          Dengan begitu, diharapkan SMAN 5 Metro mampu menciptakan suasana lingkungan yang sehat dan turut membantu mengembangkan keperibadian siswa secara integral, sehat fisik dan mental, cerdas intelektual, emosional dan spiritual, serta memiliki iman, ilmu dan amal,” ucapnya. Kemudian, kata Priyo, meletakkan landasan karakter yang kuat melalui internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani, membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cintai damai, sikap sosial dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis, dan agama, serta menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui pelaksanaan tugas-tugas belajar dalam pendidikan jasmani.
          Lanjut Priyo mengatakan, pihaknya mengambil berbagai hal positif, seperti kedisiplinan, kebersihan, pembangunan karakter, dan kemampuan berbahasa Inggris yang tinggi. Selain itu, SMAN 5 Metro berbagai ektrakurikuler (Ekskul) seperti pramuka, Pasus (pasukan Khusus), Palang Merah Remaja (PMR), dance, ada rohis, futsal, basket, dan seni baca Alquran juga diterapkan kepada anak didik, sebagai upaya membentuk karakter siswa.
          Sejauh ini, kata dia, partisipasi siswa-siswi sangat aktif dan bersemangat untuk menambah pembinaan mental, kepribadian, dan sekaligus menanamkan rasa percaya diri. Pihaknya mengimbau kepada pembina maupun kesiswaan, agar mengikuti ekskul di sekolah lebih fokus lagi. Ini bisa dilakukan dengan terobosan-terobosan baru. Sehingga, siswa lebih sibuk dengan kegiatan-kegiatan ekskul dan fokus pada sekolah, agar siswa bisa menghindari aktifitas yang tidak berguna di luar," kata Priyo. (Pur)

Nampak pada gambar, Kepala SMAN 5 Metro, Drs. Hanwar Priyo Handoko melatih siswanya di bidang ektrakurikuler (Ekskul) futsal. (Purwadi)

Pages

Powered by Blogger.