Halloween party ideas 2015



PUNGGUR, HD - Kepala SDN 1 Nunggal Rejo Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Luk Minto mengatakan, berupaya terus komit meningkatkan mutu sekolahnya. Salah satunya dengan memaksimalkan ekstra kurikuler (Ekskul) pada anak didiknya.
Menurutnya, pentingnya meningkatkan mutu pendidikan guna untuk mencerdaskan anak bangsa. “Oleh sebab itu, berupaya terus memajukan sekolahnya melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah, kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” kata Luk Minto kepada Harian Detik, Rabu (16/11) di ruang kerjanya kemarin.
Luk Minto menambahkan, penyusunan KTSP dilakukan oleh satuan pendidikan dengan memperhatikan dan berdasarkan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Kemudian, kata dia, dalam kaitannya dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah, dikembangkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi dan karakteristik daerah, serta social budaya masyarakat setempat dan peserta didik.
Sekolah dan komite sekolah, yakni mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, dibawah supervise dinas pendidikan kabupaten/kota, dan departemen agama yang bertanggungjawab di bidang pendidikan,” ujarnya.
Selain tingkatkan satuan pendidikan, SDN 1 Nunggal Rejo, melakukan kegiatan rutin Pramuka adalah ekstakurikuler wajib, meliputi mulai latihan rutin siswa, pendidiknya, serta saran dan prasaran untuk penunjang ekskul tersebut. Maka dalam menghidupkannya ekskul itu, pihaknya akan terus memaksimalkan Pramuka ini untuk memberikan kontribusinya pada sekolah.
“Ekskul Pramuka kita sudah lama eksis, khususnya di SDN 1 Nunggal Rejo, karena ekskul ini sesuai dengan Kurikulum 2013 pembinaan karakter bangsa. Jadi Pramuka ini, jauh-jauh hari kita sudah melaksanakan ekskul tersebut. Karena Pramuka merupakan sebagai sarana yang sangat penting sekali bagi sekolah, untuk meningkat mutu sekolah di ajang bergengsi,” ucapnya.
Masih di katakan Luk Minto, untuk pelaksaan ekskul Pramuka di sekolah kita ini, dilaksnakan setiap sekali seminggu. Karena di SDN 1 Nunggal Rejo, sangat mendukung semua kegiatan ekskul dan semua ekskul memiliki sekretariat tersendiri dan alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan lancar.
Kedepannya kesemua ekskul ini akan kita kembangkan, agar siswanya terhindar dari pekerjaan yang tidak kita inginkan. Kemudian, untuk mendukung itu, pihaknya juga telah menyediakan sarana dan prasarana, serta guru pembimbing kepada anak didik menjelang mengikuti iven besar.
Luk Minto mengatakan, sejauh ini partisipasi siswa-siswi sangat aktif dan bersemangat untuk menambah pembinaan mental, kepribadian, dan sekaligus menanamkan rasa percaya diri. Pihaknya mengimbau kepada pembina maupun kesiswaan, agar mengikuti ekskul di sekolah lebih fokus lagi. Ini bisa dilakukan dengan terobosan-terobosan baru. Sehingga, siswa lebih sibuk dengan kegiatan-kegiatan ekskul dan fokus pada sekolah, agar siswa bisa menghindari aktifitas yang tidak berguna di luar,” imbuhnya.
Menyingung tentang membentuk siswa berilmu dan berakhlak, Luk Minto mengatakan, salah satu misi SDN 1 Nunggal Rejo, yakni membentuk peserta didik yang memiliki ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, mewujutkan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. Kemudian, membentuk peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Selanjutnya, mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi, serta mengembangkan sikap dan kepribadian yang santun kepada dewan guru, orang tua dan lingkungan dalam pergaulan,” tegas Luk Minto. (Bus/Yoga/Pur )

Pages

Powered by Blogger.