Halloween party ideas 2015



 ket poto :ist
METRO, HD - Kepala SMPN 7 Metro, Drs. Joko Widodo, Mpd mengatakan, peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dapat meningkatkan berbagai macam fungsi kemampuan dalam diri siswa. Seperti, dapat menjadi penerus kepemimpinan di berbagai organisasi.
Menurutnya, dalam berorganisasi OSIS, siswa diajarkan mengenai pola-pola kepemimpinan yang menjadi sebuah dasar dalam menjalankan suatu organisasi. Sehingga, siswa tersebut mampu menjadi seorang pemimpin, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Tanpa disadari, ternyata dalam pola-pola kepemimpinan tersebut terdapat penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, terutama karakter-karakter yang mencerminkan nasionalisme,” kata Joko Widodo kepada Darian Detik, Selasa (08/11) di ruang kerjanya kemarin.
Joko Widodo menambahkan, melalui peranan OSIS tersebut dapat banyak manfaat, yakni meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air, meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur, meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan, meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan percaya diri, meningkatkan kesehatan jasmani rohani, menghargai dan menjiwai nilai-nilai seni serta meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni,” ujarnya.
Secara sistematis di dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226 / C / Kep / 0 / 1993 disebutkan bahwa, organisasi kesiswaan di sekolah adalah, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Sehingga dapat kita pahami, bahwa OSIS adalah suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan. Secara organisasi OSIS adalah, satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu, kata Joko, setiap sekolah wajib membentuk OSIS, yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian atau alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
Masih di katakana Joko Widodo, pada hakikatnya melalui OSIS tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan berorganisasi para siswa, khususnya di SMPN 7 Metro. Sementara itu, melalui OSIS mencakup tentang nasionalisme, yakni suatu sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan. Banyak para tokoh nasionalis, seperti pemikir dan pejuang yang ikhlas berjuang demi kemajuan bangsanya.
Hal tersebut mereka lakukan, kata Joko, sebagai wujud bakti mereka kepada bangsa demi meningkatkan kemakmuran seluruh masyarakat yang ada di bangsa tersebut. Menurutnya, nasionalisme Pancasila ini diarahkan untuk mencapai beberapa tujuan yaitu, menempatkan persatuan dan kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun kepentingan golongan, memiliki rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang bertanah air satu, tanah air Indonesia dan tidak merasa rendah diri, mampu menunjukkan rasa rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia.
Kemudian, lanjut Joko Widodo, mengakui persamaan hak dan kewajiban antarasesama manusia dan sesama bangsa serta mengakui persamaan derajat, mampu menumbuhkan sikap saling mencintai antarsesama manusia, mampu mengembangkan rasa tenggang rasa dan berani membela kebenaran dan keadilan,” kata Joko. (Pur)

Nampak pada gambar, kepsek SMPN 7 Metro, Drs. Joko Widodo, Mpd foto bersama siswa-siswi berprstasi. (Purwadi)

Pages

Powered by Blogger.